Beberapa Gerakan Senam Hamil agar Proses Melahirkan Berjalan Normal, Mudah, dan Lancar

Menjadi seorang ibu merupakan saat yang dinantikan seorang wanita, karena saat menjadi seorang ibu bisa dikatakan hidup seorang wanita telah sempurna. Setiap calon ibu pasti mengharapkan janin dalam kandungannya sehat tidak kurang suatu apapun serta selamat saat dilahirkan ke dunia. Upaya yang dapat dilakukan oleh ibu hamil agar kelak proses persalinannya lancar adalah dengan makan secara teratur, istirahat yang cukup, dan selalu berpikir positif meski ada rasa cemas saat menjelang waktu melahirkan. Satu hal lagi yang yang dapat anda lakukan sebagai upaya untuk kelancaran proses persalinan anda adalah dengan senam hamil. Selain bermanfaat untuk melancarkan proses melahirkan, senam hamil juga dapat membantu menjaga konsisi tubuh ibu hamil agar selalu bugar, selain itu senam hamil dapat membantu mengurangi stress menjelang proses persalinan.Ibu hamil disarankan mengikuti kegiatan senam hamil saat kandungan telah menginjak usia 6 bulan ke atas, atau anda bisa mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau bidan anda. Berikut ini beberapa gerakan senam hamil agar persalinan normal berjalan lancar dan mudah:

Beberapa Gerakan Senam Hamil agar Proses Melahirkan Berjalan Normal, Mudah, dan Lancar

Beberapa Gerakan Senam Hamil agar Proses Melahirkan Berjalan Normal, Mudah, dan Lancar

 

  1. Awali senam hamil dengan pemanasan untuk meminimalisasi kemungkinan terjadinya cedera.
  2. Duduk bersila dengan badan serta tegak, ke-2 lengan mengarah ke depan dengan badan tetao rileks. Lakukan sebanyak yang bisa dilakukan (sesuai kemampuan).
  3. Sikap merangkak, buat jarak antar kedua tangan sama dengan jarak kedua bahu. Merangkak dengan kaki dan tangan tegak lurus di lantai dengan tubuh sejajar lantai. Lakukan gerakan inidengan menundukan kepala, dan lihat bagian bawah perut lalu angkat pinggang sambil mengempiskan perut dan mengerutkan anus. Setelah itu turunkan pinggang, angkat kepala sambil melemaskan otot-otot dinding perut dan otot panggul. Lakukan gerakan ini sebanyak 8 kali.
  4. Setelah itu lakukan gerakan merangkak dengan menempatkan kepala diantara ke-2 tangan lalu tengokan kepala ke samping kanan/kiri, setelah itu turunkan badan sampai dada menyentuh matras sambil geser kedua siku sejauh mungkin ke arah luar (samping luar). Tahan posisi itu selama 1 menit, lalu tahan lebih lama lagi menjadi 5-10 menit atau sesuai sama kemampuan ibu hamil.
  5. Berbaring miring ke kiri dengan lutut kanan di letakan di depan lutut kiri (boleh diganjal dengan bantal). Lengan kanan ditekuk di depan serta lengan kiri letakkkan di belakang.
  6. Berbaring miring dengan kedua lutut dan kedua lengan ditekuk, baringkan kepala di atas bantal, demikian juga dengan bawah perut supaya tidak menggantung. Tutup mata, rilekskan badan, atur nafas berirama.
  7. Berbaring telentang sambil masing-masing tangan berpegangan pada bagian belakang lutut. Lakukan gerakan tersebut sambil membuka mulut, lalu tarik nafas sedalam , lalu tahan dan mengejanlah seperti buang air besar, gerakan tubuh ke bawah lalu ke depan. Jika sudah lelah, kembali pada posisi semula. Ulangilah gerakan ini 3-4 kali dengan interval 2 menit.
Itulah beberapa gerakan senam hamil untuk menyiapkan fisik dan mental ibu, agar persalinannya normal, mudah, dan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *