Cara Ampuh dan Cepat Mengobati Jerawat Batu dan Bekasnya

Jerawat batu atau dikenal dengan sebutan cystic acne merupakan jerawat dengan ukuran yang besar, biasanya terasa cukup menyakitkan. Selain itu peradangan hebat yang terjadi rentan menyebar pada bagian wajah lainnya apabila salah menangani. Jadi saran saya apabila anda mengalami jerawat yang parah seperti ini, penanganan medis satu-satunya cara yang tepat untuk meminimalisir resiko luka parut yang ditinggalkan setelahnya. Bekas jerawat batu berbeda dengan bekas jerawat biasa, yang hanya meninggalkan noda merah/ hitam diwajah. Noda bekas jerawat seperti itu lebih mudah diatasi dibandingan luka parut akibat jerawat batu. Berikut ini cara ampuh dan cepat mengobati jerawat batu dan bekasnya.

Cara Ampuh dan Cepat Menghilangkan Jerawat Batu dan Bekasnya

Cara Ampuh dan Cepat Menghilangkan Jerawat Batu dan Bekasnya

Cara Mengobati Jerawat Batu yang Cepat dan Ampuh

Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa untuk menghilangkan jerawat batu cara terbaik adalah dengan penanganan medis yang tentu saja melibatkan pihak medis (dokter ahli). Setelah melihat tingkat keparahan jerawat di wajah kita, sebagai pengobatan biasanya dokter akan memberikan salah satu pengobatan berikut.

  • Penggunaan obat antibiotik dengan dosis tertentu terbukti efektif mengatasi jerawat. Namun sebelum menggunakannya anda sebaiknya menanyakan terlebih dahulu mengenai efek samping yang mungkin timbul.
  • Jika anda seorang wanita, bisa coba minta pengobatan hormonal. Beberapa dokter memberikan resep pil KB (anti androgen) untuk mengontrol jerawat. Sebelum menggunakan obat ini, ada baiknya anda juga mengetahui efek samping yang mungkin timbul saat menggunakan obat ini.
  • Untuk kasus jerawat sedang hingga berat bisa dengan Terapi Retinoid Topikal. Dalam terapi ini anda akan melewati fase dimana jerawat anda semakin bertambah parah sebelum akhirnya membaik.
  • Untuk jerawat batu dengan tingkatan yang paling parah biasanya direkomendasikan Terapi Sistemik Retinois atau Oral Retinoid. Terapi ini biasanya efektif mengatasi jerawat batu yang parah.
  • Terapi laser ini dapat meminimalisir bekas luka yang ditimbulkan serta dapat menghentikan penyebaran peradangan.

Cara Mengatasi Bekas Jerawat Batu yang Cepat dan Ampuh

Setelah pengobatan jerawat batu selesai, bisa anda lanjutkan dengan treatment untuk mengatasi bekas jerawat yang ditimbulkan setelahnya. Treatment apa yang bisa anda lakukan, tergantung kondisi bekas jerawat di wajah anda. berikut beberapa opsi treatment yang bisa dilakukan:

  • Facial, apabila bekas jerawat yang ditimbulkan hanya berupa noda merah atau hitam, anda bisa lakukan treatment ini. Beberapa manfaat facial diantaranya: meningkatkan sirkulasi darah dan metabolisme sel, mengangkat sel kulit mati, merangsang agar kulit beregenerasi, membantu penyerapan oksigen ke dalam kulit.
  • Chemical peeling bisa anda lakukan untuk mengatasi noda hitam/ merah bekas jerawat, sehingga warna kulit lebih merata. Cemical peeling dilakukan dengan mengoleskan cairan ke seluruh permukaan kulit wajah, sehingga kulit mengelupas. Dengan melakukan treatment ini, menjadikan kulit wajah anda halus, flek dan noda bekas jerawat memudar, kulit lebih cerah dan bebas kusam, juga lebih kencang.
  • Dermaroller, treatment untuk mengatasi bekas jerawat yang berlubang (bopeng). Metode treatment dengan menggunakan roller jarum halus yang dirolling-rolling di atas permukaan kulit yang berlubang yang sebelumnya telah diberi serum.
  • Mikrodermabrasi, treatment yang bertujuan merangsang kulit untuk beregenerasi, sehingga permukaan kulit yang tidak rata (berlubang) diharapkan akan naik, sehingga permukaan kulit menjadi rata. Metode treatment yaitu dengan penggunaan serbuk kristal untuk mengelupaskan kulit.
  • Laser CO2, yaitu treatment untuk remodelling kolagen dengan menggunakan sinar laser.

Itulah beberapa cara menghilangkan jerawat batu dan bekasnya yang ampuh dan cepat, yang saya yakini sebagai cara yang paling tepat untuk mengatasi jerawat batu di wajah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *